Kategori Digital Agency

Pergerakan IT yang cukup pesat di Indonesia ini memberikan pengaruh yang tidak sedikit bagi kehidupan masyarakat. Terlebih jika kita menilik pada perusahaan / agency yang bergerak di bidang advertising atau periklanan. Dengan merambahnya IT di bidang ini memunculkan agency-agency yang menawarkan jasa dan service untuk mengiklankan produk klien melalui media online.

Sudah tidak asing lagi ketika kita menjelajah di dunia maya dan melihat begitu banyak teknik dan cara marketing yang digunakan. Mulai dari banner, viral video,jasa web design, search engine optimization (SEO), social media dan masih banyak lagi. Kini semakin banyak pula perusahaan-perusahaan yang mencoba untuk menjadi digital agency karena melihat bahwa pasar di Indonesia yang masih besar dan belum banyak yang menggunakan digital advertising sebagai cara lain untuk mempromosikan produknya.

Dengan semakin banyaknya digital agency yang bermunculan, membuat klien pun kesulitan untuk menentukan digital agency mana yang sesuai dengan kebutuhannya. Perlu dilihat lebih lanjut service-service apa saja yang ditawarkan oleh agency ini karena tidak semua agency sama satu lainnya. Melihat fenomena ini, secara tidak langsung terbentuk 3 kategori dari digital agency itu sendiri.

  • Digital Production House

Agency ini berfokus dalam menghasilkan segala sesuatu yang sesuai dengan arahan dari klien. Singkatnya, mereka hanya mengeksekusi ide yang diberikan oleh klien. Tapi tidak jarang mereka juga turut menambahkannya dengan ide lain agar terlihat lebih kreatif dan baru. Banyak expertise dibidang digital yang berada dalam agency seperti ini dan bertanggung jawab sepenuhnya pada sisi technical ide yang dieksekusi.

  • Digital Consultant

Agency ini bergerak tidak untuk memproduksi apapun seperti halnya Digital Production House. Agency ini bertugas untuk memberikan ide atau arahan yang strategis bagi perusahaan jika perusahaan ingin memanfaatkan periklanan di dunia maya. Arahan dan ide yang diberikan didasarkan dari penelitian yang dilakukan oleh agency terhadap perusahaan tersebut.

  • Full Service Digital Agency

Inilah agency yang menggabungkan konsep Digital Production House dengan Digital Consultant. Mereka memberikan jasa untuk menghasilkan ide bagi perusahaan sekaligus mengeksekusi ide tersebut. Biasanya agency ini berawal dari Digital Production House yang kemudian meningkatkan kemampuan individu-individu yang terlibat didalamnya untuk dapat memberikan ide strategis bagi perusahaan.

Full Service Digital Agency merupakan pilihan terbaik untuk perusahaan tapi tanpa mengesampingkan jenis agency lainnya. Kembali semua tergantung dengan kebutuhan perusahaan dan kualitas dari agency sendiri

This entry was posted in Digital Agency and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s